Selasa, 14 November 2017

Beragam Jenis dan Tempat Wisata di Provinsi Lampung


Apakah saat ini anda sedang mencari referensi mengenai wisata terbaik yang ada di Provinsi Lampung? Jika iya, anda sudah berada di halaman website yang tepat. Karena pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai beberapa tempat atau lokasi wisata terbaik yang ada di Lampung.

Berbagai destinasi wisata, ada di kota ini. Mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata budaya, kuliner dan lain-lain. Oke langsung aja, silahkan disimak ulasan lengkapnya di bawah ini, jika anda ingin tahu informasi selengkapnya.


Beragam Jenis Wisata Di Provinsi Lampung

1. Jenis Wisata Alam

Berikut ini adalah berbagai wiisata alam yang ada di Lampung

Pulau Pahawang

Pulau Pahawang memiliki luas sekitar 1.084 ha dan berada di Lampung Selatan, lebih tepatnya di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran. Pulau Pahawang ini terbagi menjadi dua, yaitu Pulau Pahawang Kecil dan Pulau Pahawang Besar.

Di pulau Pahawang Besar terdapat penginapan yang bisa dijadikan tempat untuk menginap jika anda memutuskan untuk menginap. Dan di Pulau Pahawang Kecil terdapat sebuah jembatan alami yang menghubungkan Pulau Pahawang Kecil dan Pulau Tanjung Putus. Nama jembatan ini juga sama, yakni Jembatan Tanjung Putus.

Dan perlu diketahui pula, Pulau Pahawang memiliki taman laut yang cantik. Anda bisa melakukan aktivitas snorkling, dan menikmati segala pesona keindahan bahari yang dimiliki Pulau Pahawang di beberapa titik seperti Tegal, Kelagian dan Maitem.

Teluk Kiluan

Teluk Kiluan berada di Kabupaten Tanggamus di Lampung Selatan. Lebih tepatnya, obyek wisata ini berada di Desa Kiluan Negeri, yaitu sebuah desa dalam kawasan Kecamatan Kelumbayan.

Di teluk ini anda dapat menyaksikan lumba-lumba yang meliuk-liuk di lautan lepas, yang merupakan rumah aslinya. Namun, lumba-lumba tidak muncul setiap saat karena adanya pengaruh cuaca.

Jika anda tidak bisa ‘bertemu’ dengan lumba-lumba, anda tidak perlu merasa kecewa, karena anda dapat mengunjungi Laguna Gayau yaitu sebuah kolam renang alami yang berada di balik bukit Teluk Kiluan.

Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu ini berada di Kampung Juku Batu Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan dan memiliki ketinggian hingga 80 meter. Dinamakan Air Terjun Putri Malu karena bentuknya bengkok dan seolah-olah menunjukkan kesan malu-malu.

Pantai Klara

Pantai Klara merupakan singkatan dari Pantai Kelapa Rapat. Nama ini diberikan karena konon katanya ada banyak pohon kelapa yang berjejer rapat di sepanjang pantai.

Pantai Klara ini berada cukup dekat dengan pusat kota ibukota Provinsi Lampung, yakni Bandar Lampung dan memiliki kadar garam yang tinggi.

2. Wisata Budaya

Lampung juga memiliki beberapa wilayah yang dijadikan sebagai kawasan wisata budaya, seperti situs Megalitik yang menampilkan berbagai benda paninggalan sejarah dengan lokasinya di Pekon Purajaya di Lampung Barat.

Masih di Lampung Barat yaitu di Desa Sukadana terdapat rumah tradisional yang menunjukkan arsitektur bentuk rumah khas Lampung, dan Pentilasan Patih Gajah Mada di Kecamatan Lemong yang menampilkkan benda-benda peninggalan sejarah.

Selanjutnya di Lampung Tengah terdapat panggung kesenian Bali. Dan di Kota Bandar Lampung ada museum Lampung dan Pasar Seni Enggal.

Di Kabupaten Way Kanan terdapat kampung wisata budaya di Gedung Batin di Kecamatan Blambangan Unpu, Kampung Tua Mesir Ilir di Kecamatan Bahuga dan kampung tua yang ada di Kecamatan Pakuon Batu dan Kecamatan Negara Batin.

3. Wisata Kuliner

Selain wisata alam dan wisata budaya, di Lampung juga terdapat wisata kuliner, yang tak kalah menariknya. Beberapa di antaranya adalah, yang kami sebutkan di bawah ini

a. Mie Lampung 2 yang ada di Jl. Raden Intan. Di tempat ini disajikan berbagai makanan olahan dengan bahan dasarnya adalah mie, seperti mie ayam. Harga yang dipatok di tempat ini dimulai dari Rp 8.500,00

b. Mie Khodon Bandar Lampung di Jl. Ikan Bawal No.23-24 teluk betung, Bandar Lampung juga menyajikan mie, akan tetapi mie yang disajikan di tempat ini adalah mie yang kenyal dan tebal. Sementara untuk harga, dimulai dari Rp 12.000,00

c. Pindang Meranjat di Jl. Demang Lebar Daun No.14 Lampung yang menyajikan makanan khas Sumatera Selatan, yakni Pindang Meranjat. Tempat yang digunakan memiliki gaya melayu dan patokan harganya mulai dari Rp 15.000,00

d. Nasi Uduk Toha di Jl. R.A Kartini No 156 Bandar Lampung yang menyajikan nasi uduk lengkap dengan lauknya seperti telur atau ayam goreng dan harganya dimulai dari Rp 4.000,00

4. Wisata Religi

Di Lampung juga terdapat beberapa obyek wisata religi. Dan beberapa di antaranya adalah yang kami sebutkan di bawah ini.

a. Masjid Al Anwar di Jl. Laksamana Malahayati, Telukbetung Selatan yang dibangun pada abad ke-18. Masjid ini memiliki banyak peninggalan kuno salah satunya adalah kitab tafsir al-Qur’an yang telah berusia 1,5abad.

b. Makam KH. Ghalib di Pringsewu yang merupakan seorang ulama sekaligus pejuang kemerdekaan. Kh. Ghalib gugur pada tahun 1949 di tangan para pasukan Belanda. Makamnya berada dekat dengan pesantren yang diasuhnya dan sekarang bernama TPU Pringsewu Barat.

c. Klenteng Thay Hin Bio di Jl. Ikan Kakap No. 35 Teluk Betung, Bandar Lampung dan merupakan klenteng tertua di Teluk Betung yang dibangun pada tahun 1850.

5. Wisata Belanja

 
Jika sedang berlibur di Lampung, tidak lengkap rasanya jika tidak berbelanja, apalagi belanja barang dan oleh-oleh yang memang khas dari Lampung. Nah berikut ini adalah tempat-tempat yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata belanja di Lampung.

a. Pasar Bambu Kuning yang ada di Tanjung Karang, Kota Bandar Lampung. Pasar ini merupakan tempat sentra penjualan Kain Tapis yaitu pakaian wanita suku Lampung yang berbentuk kain sarung.

b. Toko Yen Yen di Jalan Ikan Kakap no.86 di Teluk Betung, Bandar Lampung. Toko ini menjual aneka macam oleh-oleh khas Lampung, contohnya manisan Lampung, keripik pisang dengan aneka rasa serta kemplang yang merupakan makanan khas Melayu.

c. Jl. Pagar Alam di Bandar Lampung yang dikenal juga dengan gang PU yang menjual keripik pisang dengan aneka rasa. Keripik pisang ini ada yang sudah tersedia dalam kemasan plastik dan ada yang diletakkan di toples kaca besar dan bisa dibeli dengan satuan kilo.

Nah itulah beragam jenis dan tempat wisata yang ada di Lampung yang terbagi menjadi wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, wisata religi dan wisata belanja. Semoga info ini bisa  membantu anda dalam melengkapi informasi destinasi wisata yang ada di Provinsi Lampung

Artikel Terkait

Beragam Jenis dan Tempat Wisata di Provinsi Lampung
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email