Rabu, 29 November 2017

Tempat Atau Objek Wisata Di Jogja Yang Bagus dan Menarik

Tidak diragukan lagi bahwa Jogja mempunyai banyak tempat atau objek wisata yang bagus dan menarik untuk dikunjungi. Jogja menjadi salah satu tujuan favorit sebagai tempat wisata atau berlibur orang Indonesia bahkan menjadi pilihan tempat wisata bagi beberapa wisatawan mancanegara. 

Tempat Wisata Di Jogja Yang Bagus Dan Menarik
Banyak sekali tempat atau objek wisata di Jogja yang bagus dan menarik untuk dikunjungi seperti Pantai Parangtritis, Keraton Yogyakarta, dan Candi Prambanan, mungkin ini sudah akrab di telinga anda.

Namun, seiring berjalannya waktu, di Jogja mulai ditemukan beberapa panorama alam yang indah dan berpotensi menjadi tempat atau objek wisata yang bagus. Jika Anda ingin berlibur atau berwisata di Jogja dengan suasana baru, sebaiknya Anda menyimak beberapa informasi yang akan kami sajikan ini.

Berikut ini kami akan share informasi mengenai beberapa tempat atau objek wisata yang bagus dan menarik di Jogja yang wajib Anda kunjungi.

1.     1. Kebun buah Mangunan

Bagi Anda yang bosan dengan wisata yang itu-itu saja di Jogja, maka Anda bisa berkunjung di kebun buah Mangunan. Kebun wisata yang satu ini nyatanya tengah naik daun dengan penyajian pemandangan yang begitu mempesona.

Kebun buah Mangunan, terletak di kecamatan Dlingo atau tepatnya di desa Mangunan. Selama perjalanan, traveler akan dimanjakan akan pemandangan hijau alam di kota Bantul. Setelah berkeliling di kebun buah, Anda bisa melihat-lihat pembibitan sapi di sana.

Bagi Anda yang merupakan traveler dari luar daerah dan membutuhkan tempat tidur, Anda tidak perlu khawatir kesulitan menemukan homestay karena telah tersedia disana. Berkunjung di kota Jogja tidak akan ada habisnya dengan ragam wisata seru dan terbaru .

2. Pantai Kuwaru

Pantai baru di Yogyakarta ini tepatnya berada di Kabupaten Bantul dengan jarak yang tidak jauh dari Pantai Parangtritis. Pantai ini memiliki pasir yang putih bersih dengan ombak yang cukup besar. Tempat atau Objek wisata di Jogja yang satu ini belum banyak didatangi pengunjung sehingga masih terasa sangat alami ketika berada di sana.

3. Puncak Kosakora
Lokasi wisata yang menarik untuk didatangi selanjutnya, terutama bagi Anda para pecinta selfie adalah puncak Kosakora. Kosakora merupakan sebuah nama bukit yang menyediakan pemandangan cantik dan menawan.

Dari puncak Kosakora, Anda bisa menyaksikan pemandangan pantai, sunset, sunrise serta perbukitan dari puncak bukit ini. Untuk bisa menikmati keindahan alam di puncak Kosakora, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar 2.000 saja per orang.

Mengunjungi bukit Kosakora sebaiknya dilakukan di pagi atau saat sore hari.  Pada jam-jam tersebut, matahari yang tidak terlalu menyengat akan menghindarkan Anda dari rasa gerah.
Sementara bagi Anda yang ingin melihat kecantikan sunset dan sunrise, Anda bisa melakukan camping bersama teman disana. Tidak perlu membawa banyak peralatan camping karena di sana telah disediakan tenda dome.

Anda dapat menyewa peralatan tersebut, dengan harga sewa yang cukup terjangkau mulai dari 60. 000 hingga 100. 000. Perbedaan harga, berdasarkan besar tidaknya tenda yang ingin disewa.

4. Desa wisata Kalibiru

Salah satu tempat atau objek wisata di Jogja terbaru yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan adalah Kalibiru yang berlokasi di menoreh. Desa wisata Kalibiru, populer dengan pemandangan dari ketinggiannya yang begitu menakjubkan.

Anda bisa menyaksikan pemandangan cantik waduk Sermo atau melakukan paket wisata yang disediakan di sana seperti halnya flying fox. Satu hal yang wajib dilakukan saat Anda mengunjungi objek wisata Kalibiru adalah berfoto pada salah satu pohon tempat dilakukannya flying fox.

Di tempat tersebut, wisatawan dapat menghasilkan foto pemandangan yang begitu cantik dengan latar belakang jajaran pohon yang begitu luas.

5. Pantai Kukup 

Pantai yang mendapat julukan Tanah Lot Jogja ini memiliki pasir yang bersih dengan ombak besar. Di Pantai Kukup juga terdapat pulau kecil yang bernama Pulau Jumino dan bisa Anda lalui dengan melewati jembatan. Selain itu, Anda dapat menikmati aneka ragam biota laut karena kejernihan air dari Pantai Kukup ini.

6. Goa Pindul

Salah satu tempat atau objek  wisata yang bagus dan menarik di Jogja adalah Goa Pindul, goa ini tepatnya berada di Gunung Kidul, desa Pacarejo. Aktivitas yang dapat Anda lakukan adalah melakukan body rafting atau menyusuri sepanjang sungai dalam goa ini dengan menggunakan sebuah ban besar. Setiap 10 orang yang melakukan body rafting, didampingi oleh satu orang pemandu.

Semakin dalam memasuki goa, maka sungai tersebut juga semakin dalam yaitu sekitar 12 meter. Anda harus memegang pengait ban milik pengunjung lain yang berada di kanan kiri Anda. Sehingga selama perjalanan, tidak ada pengunjung yang terpisah dan tetap berada dalam satu kelompok.

Kegiatan wisata yang satu ini tergolong menantang dan harus penuh hati-hati terutama jika Anda berlibur bersama anak-anak. Goa ini tergolong unik karena lantai goa merupakan aliran sungai yang jernih. Berbeda dengan goa-goa lain yang berlantai tanah dan bisa dilalui dengan berjalan kaki.

Bagi penggemar susur gua maka goa Pindul tentu tidak boleh anda lewatkan. Gua Pindul merupakan gua yang terbentuk dari proses batuan karts dalam waktu yang cukup lama dan pada akhirnya membentuk sebuah gua dengan pemandangan yang eksotik.

Gua pindul, merupakan salah satu gua yang selalu padat dengan wisawatan. Surga tersembunyi ini,  nyatanya baru  naik daun, sehingga tidak heran jika anda akan menemukan banyak orang disana. Bagi anda yang tertarik dengan dengan gua pindul, anda bisa berkunjung ke Gunung Kidul DIY.

7. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal merupakan tempat atau objek wisata berupa air terjun yang cukup tinggi dengan lokasi di Kulon Progo Yogyakarta. Sumber air alami yang masih sangat jernih ini juga mengaliri objek wisata Kedung Pedut dan Kembang Soka. Jadi, dapat dikatakan bahwa wisata ini berlokasi di atas kedua objek wisata tersebut.

8. Pantai Timang

Pantai Timang merupakan jenis wisata pantai yang terletak di Gunung Kidul Yogyakarta. Akses menuju objek wisata ini masih sulit dan Anda harus melewati kondisi jalanan yang sangat terjal. Pantai Timang memiliki pasir yang putih dan banyak ditumbuhi pandan. Sehingga membuat suasana pantai tampak lebih alami.

Pantai ini terkenal dengan gondola atau kereta gantung yang menghubungkan tebing bebatuan di mulut pantai dengan batu besar yang berada di seberang lokasi dengan jarak sekitar 60 meter. Permainan mirip flying fox tradisional ini harus Anda lalui dengan cara melewati hempasan ombak yang besar dan sangat menantang.

9. Curug Banyunibo

Lokasi objek wisata baru ini terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Curug Banyunibo merupakan sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 5 meter namun melewati lereng yang curam.  Air terjun ini baru dieksplor oleh masyarakat sekitar sebagai tempat atau objek wisata yang bagus dan menarik di Jogja.

10. Jogya Bay Pirates Adventure Waterpark

Tempat atau objek wisata yang bagus dan menarik di Jogja lainnya yang tengah populer adalah Jogya Bay Pirates Adventure Waterpark. Bagi anda yang telah bekeluarga dan membawa anak, maka wahana air yang satu ini merupakan tempat bermain yang bisa dipilih. Kenapa demikian? 

Wahana air Jogja Bay merupakan waterpark tercanggih, terlengkap dan terbesar di Indonesia. Untuk menuju ke Jogja Bay, Anda bisa berkendara ke desa Maguwoharjo yang berada di kecamatan Depok atau tepatnya di sebelah utara stadion Maguwoharjo.

Jogya Bay dikelola oleh PT. Taman Wisata Jogja yang menyewa tanah seluas 7,7 hektar dari tanah kas desa setempat. Arena bermain air di Jogja Bay ini mengacu pada waterpark yang berada di Orlando AS dan waterboom yang berada di Bali.

Bukan hanya sebagai ajang tempat wisata permainan, namun wahana air terbesar yang satu ini juga digunakan sebagai wahana edukasi “how to survive in tsunamy and earthquake”.

Uniknya lagi, di Jogja Bay juga terdapat teater yang berkapasitas 1500 orang dan disertai dengan audio dengan kualitas tinggi. Tiket masuk ke Jogja Bay dimulai dari 60.000 untuk anak-anak dan orang tua diatas 65 tahun. Sementara bagi orang dewasa, harga tiket masuknya adalah  90.000.

11. De Mata Trick Eye Museum

Banyak orang yang menganggap jika museum itu membosankan. Jika memang Anda merasa begitu, mungkin Anda belum mendatangi museum yang satu ini. Museum De Mata Trick Eye merupakan museum yang berada di Jogja dengan 120 koleksi gambar 3 dimensi.

Para wisatawan yang datang berkunjung, bisa menyalurkan hobi narsis melalui jepretan kamera saat berada di museum ini. Untuk tiket masuk museum, Anda akan dikenakan biaya 35.000. Namun harga tersebut bisa berkurang saat happy tour di hari senin-kamis pada pukul 10.00 sampai 15.00.

12. Taman pintar Yogyakarta

Bukan hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang indah, Jogja ternyata juga terkenal sebagai wisata edukasi, dimana salah satunya adalah taman pintar Yogyakarta. Di taman pintar tersebut, Anda bisa dengan leluasa mendalami ilmu sains yang banyak Anda dengar dan pelajari di sekolah.

Taman pintar, merupakan wahana rekreasi sekaligus belajar. Alhasil tidak jarang disana ditemukan rombongan pelajar yang ingin memperdalam ilmu mereka. Taman pintar juga menyediakan beragam fasilitas penunjang lainnya seperti area bermain, ruang audiovisual dan  food court.

Untuk bisa menikmati layanan fasilitas di taman pintar, kita harus merogoh kocek sebesar Rp. 15 ribu bagi orang dewasa dan 8 ribu bagi anak-anak. Sementara untuk masuk ke planetariun, Anda harus membayar tiket Rp. 15 ribu.

13. Gembira Loka

Kebun binatang yang satu ini tentu tidak lagi asing bagi para pecinta binatang. Anda bukan hanya dapat mengamati perilaku hewan secara langsung melainkan juga bisa menikmati wahana bermain layaknya perahu kayuh, menunggang gajah, kolam tangkap ikan dan lain-lain disini.

Harga tiket masuk ke Gembira Loka adalah Rp. 25.000 per orang.

14. Hutan pinus Mangunan

Ingin berkunjung ke tempat wisata yang bukan hanya menyediakan keindahan alam yang memukau melainkan juga udara sejuk? maka Hutan pinus Mangunan jawabannya. Bukan hanya menjanjikan kesejukan, hutan pinus ini juga menyediakan pemandangan yang indah dan udara segar.

Cantiknya pohon pinus yang saling berjajar, cocok bagi Anda yang gemar berfoto. Dari hutan pinus, Anda bisa melanjutkan perjalanan anda menuju kebun buah Mangunan untuk belanja banyak buah segar di sana. Hutan pinus dapat Anda temukan di daerah Bantul atau tepatnya di Dlingo.

15. Air terjun Sri Getuk

Air terjun satu ini dikenal juga sebagai air terjun Sompret atau Slempret. Asal mula nama ini, adalah dari sebuah legenda di desa Bleberan. Menurut penduduk, air terjun Sri Getuk merupakan tempat yang dulunya dihuni oleh para jin.

Air terjun Sri Getuk terletak dari tiga sumber mata air berbeda. Ketiga mata air tersebut lantas menjadi satu air terjun. Selain menyediakan keindahan alam yang cantik, di tempat ini juga memanjakan turis dengan paket wisata lainnya.

16. Pantai berpasir putih Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal merupakan salah satu pantai di Jogja dengan letaknya yang cukup tersembunyi. Meski tersembunyi, hal ini tidak menurunkan minat banyak orang untuk berkunjung disana. Untuk mencapai lokasi pantai, anda bisa menggunakan kendaraan dengan menyusuri sisi timur pantai Indrawati.

Salah satu hal yang membuat pantai ini semakin menarik adalah pohon duras. Pohon duras memiliki pangkal pohon satu pok saja. Inilah kenapa pantai ini, juga diberi nama dengan Pok Tunggal. Berada di pantai pok tunggal, tidak akan membuat kecewa karena pemandangannya yang begitu menakjubkan.

17. Bukit Bintang

Bagi anda pasangan muda mudi yang ingin mencari tempat atau objek wisata yang menarik,bagus dan sekaligus romantis di Jogja, maka bukit Bintang bisa menjadi pilihan tepat.
Bukit Bintang bisa anda temukan di jalan Jogja, Wonosari. Ketika anda mulai memasuki area wisata, anda akan di suguhkan dengan  medan jalanan menanjak dan berbelok-belok.

Saat berkunjung ke sini, tidak perlu khawatir kelaparan di tengah jalan, karena anda bisa menemukan dengan mudah warung makan dengan banyaknya jenis makanan enak yang dapat anda pilih sendiri sesuka hati.

Berada di atas bukit anda akan dimanjakan dengan pemandangan malam yang cantik dengan banyaknya hiasan bintang yang bertaburan di langit.

Demikian informasi tentang tempat atau objek wisata di Jogja yang bagus dan menarik untuk dikunjungi. Anda bisa pergi liburan di tempat-tempat yang sudah diulaskan diatas bersama teman atau keluarga. Sebelum berpergian ada baiknya persiapkan dulu apa-apa yang sekiranya diperlukan atau dibawa untuk pergi berlibur, terutama Anggaran (Budget). Silahkan dibuktikan, dan semoga info tempat atau objek wisata di Jogja ini bermanfaat.


Artikel Terkait

Tempat Atau Objek Wisata Di Jogja Yang Bagus dan Menarik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email