Rabu, 15 November 2017

Pantai Carita Dan Sawarna, Dua Pantai Indah Dan Populer Di Banten



Sebelumnya saya menulis artikel tentang dua tempat wisata paling terkenal di Banten. Kali ini saya akan mengulas tempat wisata khusus pantai yang ada di Banten. Pantai tersebut adalah Carita dan Sawarna. Kedua Pantai ini merupakan tempat wisata Pantai paling populer di Banten.

Berikut ulasan tentang dua pantai yang paling indah dan populer di Banten tersebut:

1. Pantai Carita


Pantai Carita merupakan salah satu wisata pantai di Banten yang sangat terkenal. Wisata alam pantai Carita memiliki pasir putih dan sering digunakan untuk aktivitas watersport. Karena lokasi yang dekat dengan ibukota, maka pantai Carita banyak dikunjungi oleh wisatawan dari Jakarta.

Objek wisata yang indah ini juga menyediakan fasilitas lengkap mulai dari kuliner, hingga penginapan yang nyaman dan berlokasi strategis. Pantai Carita hampir mirip dan tak kalah seru dengan salah satu wisata pantai di Bali, yaitu Pantai Tanjung Benoa. Jadi, anda tidak akan pernah melupakan keseruan ketika mengunjungi pantai yang terletak di Banten ini.

Sejarah dari Pantai Carita

Tahukah anda bahwa objek wisata nan indah ini ternyata bermula dari kawasan hutan lindung yang sangat luas yaitu sekitar 95 hektar. Namun, masyarakat dan pemerintah sekitar mengamati keindahan dari pantai tersebut serta ombak yang tenang sehingga hutan tersebut dijadikan sebagai wisata watersport di Banten sejak tahun 1978.

Namun, hingga saat ini kawasan hutan lindung tetap dijaga kelestariannya dan anda juga masih dapat menemui beberapa jenis hewan seperti kelelawar, biawak, lutung, kera ekor panjang, ular sanca, elang, dan alap-alap.

Sedangkan tumbuh-tumbuhan yang masih berdiri tegak di hutan lindung tersebut seperti pohon mahoni afrika, pohon jati, pohon bungur, dan pohon mahoni. Tidak hanya pemerintah dan warga sekitar yang menjaga kelestarian alam ini, sebaiknya para pengunjung juga tetap menjaga warisan alam tersebut agar tidak punah.

Lokasi Pantai Carita

Salah satu objek wisata pantai yang mejadi ikon dari Kota Banten ini terletak di Jalan Raya Carita Labuan. Jalan raya ini juga menjadi akses untuk menuju beberapa objek wisata lain yang ada di Banten.

Jika melewat jalan ini, anda dapat melihat bentangan Pantai Carita sepanjang 3 km dengan pasir berwarna kecoklatan yang sangat indah.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Ketika anda berencana berlibur ke suatu tempat, tentu anda akan mencari informasi mengenai apa saja aktivitas yang dapat dilakukan di wisata tersebut sehingga anda dapat membawa semua perlengkapan yang diperlukan dari rumah.

Pantai Carita merupakan pantai indah yang menyediakan aktivitas watersport yang sangat menantang. Beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan selain menikmati panorama pantai dan ombak di objek wisata ini adalah banana boat, surfing, bermain jetsky, serta diving.

Ombak di Pantai Carita sangat tenang sehingga sangat cocok untuk anda gunakan melakukan aktivitas tersebut. Sehingga bagi anda yang ingin suasana baru, anda bisa mengunjungi Pantai Carita, selain aktivitas watersport yang tersedia di Pantai Tanjung Benoa Bali.

Jika anda kurang menyukai aktivitas watersport, maka ada permainan lain yang tak kalah seru seperti voli pantai bersama, melihat panorama laut dengan menggunakan perahu, serta memancing di berbagai sisi Pantai Carita. Dan sebagai penutup, anda harus menikmati pemandangan matahari terbit di pantai yang indah ini.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Carita

Rp 20.000,00/ motor
Rp 150.000,00/ mobil
Rp 600.000,00/ bus kecil
Rp 650.000,00/ bus besar

Kuliner di Pantai Carita

Setelah menghabiskan waktu bermain air di Pantai Carita, tentu anda akan merasakan lapar dan haus. Jika tidak sempat membawa bekal, maka anda tidak perlu khawatir karena di sekitar Pantai Carita terdapat banyak warung makanan dan minuman yang menyediakan berbagai menu yang sangat lezat.

Seperti makanan khas yang ada di sebagian besar pantai di Indonesia, Pantai Carita juga menyediakan hidangan-hidangan dari ikan laut yang dijual oleh para pedagang di tepi pantai. Beberapa menu yang bisa anda nikmati seperti cumi, kepiting saus pedas, berbagai macam ikan laut bakar, udang, dan masih banyak seafood lainnya.

Penginapan di Sekitar Kawasan Pantai Carita

Jika jarak tempat tinggal anda cukup jauh dari Banten dan ingin puas menikmati semua permainan di Pantai Carita serta menikmati sunrise dan sunset, maka anda bisa menggunakan beberapa penginapan yang kami sarankan untuk anda dengan lokasi yang tidak jauh dari pantai watersport ini.

Hotel pertama yang bisa anda gunakan adalah Kondominium Lippo Carita yang terletak berhadapan dengan pantai Carita. Sangat strategis untuk anda jadikan penginapan sehingga anda bisa mudah menjangkau objek wisata pantai di Banten tersebut. Harga ditawarkan juga sangat ekonomis sesuai dengan fasilitas yang diberikan.

Selain itu juga ada penginapan lainnya yaitu Villa Mutiara Cottage. Jika anda lebih menyukasi suasana yang asri layaknya hunian pribadi, maka Anda bisa menyewa vila ini. Jarak Villa Mutiara Cottage hanya sejauh 1 km dari pantai dan Anda bisa menikmati penginapan dengan desain bangunan klasik yang sangat cantik dan nyaman.

Nah, itulah beberapa keindahan yang dapat anda nikmati ketika sedang berlibur ke Pantai Carita Banten. Nikmati keseruan anda berlibur dengan menikmati aktivitas watersport sepuasnya di Pantai ujung kulon ini.


2. Pantai Sawarna 


Setelah Pantai Carita, tempat wisata pantai yang indah dan populer yang kedua di Banten adalah pantai sawarna. pada pembahasan kali ini, kami akan berbagi informasi mengenai wisata Pantai Sawarna yang juga memiliki pesona keindahan alam luar biasa. Pantai ini sudah cukup populer di kalangan wisatawan sekitar hingga dari luar Pulau Jawa.

Lokasi Pantai Sawarna

Pantai indah yang terletak di Banten ini tepatnya berlokasi di Desa Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak. Anda harus menempuh jarak perjalanan sekitar 270 km dari kota Jakarta atau sekitar 150 km dari Rangkasbitung, Banteng.

Rute Menuju Pantai Sawarna

Akses menuju pantai Sawarna masih tergolong sulit dicapai karena anda harus melewati jalanan yang masih rusak serta berkelok-kelok. Namun, kami akan memberikan bantuan kepada anda dengan berbagi petunjuk arah menuju ke pantai yang terletak di Banten ini, dengan menggunakan kota asal dari Jakarta.

Pertama, anda bisa menggunakan akses tercepat dari Jakarta melewati pesisir selatan Pulau Jawa yaitu Sukabumi ke Pelabuhan Ratu, dan sampai kecamatan Bayah. Anda hanya memerlukan waktu sekitar 4,5 jam, karena kondisi jalan yang tidak terlalu rusak serta masih terdapat keindahan alam di sepanjang perjalanan.

Sedangkan pilihan kedua, anda dapat memilih rute dari DKI Jakarta, menuju Tangerang, kemudian Tigaraksa, Lebak, ke Malingping, dan sampai di Bayah. Jika memilih akses yang satu ini, anda bisa memakan waktu sekitar 7 jam dari kota Jakarta.

Jarak dan waktu yang anda perlukan memang cukup lama terutama bagi Anda yang berasal dari luar kota Serang, Banten. Namun, rasa lelah anda selama di perjalanan akan segera terbayarkan dengan keindahan wisata pantai ini.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan Ketika Berlibur ke Pantai Sawarna

Pantai Sawarna merupakan objek wisata yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Pantai berpasir putih dengan air berwarna biru kehijauan ini bagai menghipnotis anda sehingga serasa berada di surga dunia.

Kondisi ombak yang cukup besar membuat pengelola Pantai Sawarna memberikan fasilitas kepada pengunjung untuk melakukan aktivitas surfing. Selain itu ciri khas dari pantai ini adalah terdapat batu karang di tepi pantai serta terdapat batu yang berukuran cukup besar dan sering disebut dengan nama batu layar.

Anda dapat mengabadikan foto sepuasnya dengan background air laut yang jernih dan kehijauan serta batu karang besar yang berdiri tegak di bibir pantai.  Pantai yang memiliki panjang lebih dari 65 km ini juga memungkinakan anda untuk menikmati seluruh pemandangannya dengan berjalan santai di sepanjang bibir pantai.

Selain itu, anda juga dapat menemukan sebuah goa yang bernama Goa Kelelawar karena goa indah tersebut memang dipenuhi dengan ribuan kelelawar. Wisata Goa Kelelawar memiliki panjang sekitar 1 km dengan dasar sungai berlumpur. Jadi, anda dapat mengunjungi dua objek wisata sekaligus dalam satu lokasi.

Kuliner di Pantai Sawarna

Nah, setelah anda puas bermain selancar ataupun berkeliling Pantai Sawarna sambil mengunjungi Goa Kelelawar, kini saatnya anda menikmati hidangan yang tersedia di sepanjang kawasan pantai dengan penawaran harga yang sangat terjangkau.

Seperti menu makanan khas di pantai-pantai lainnya, anda dapat menikmati hidangan ikan laut bakar serta es kelapa muda yang sangat segar. Warung makan di sekitar Pantai Sawarna menyediakan gazebo yang sangat nyaman untuk anda gunakan bersantai sambil menikmati hidangan khas laut tersebut.

Penginapan di Sekitar Pantai Sawarna

Memutuskan untuk menginap di pesisir Pantai Sawarna merupakan pilihan yang tepat karena anda dapat lebih puas menikmati pemandangan yang luar biasa dari pantai ini. Jika ingin merasakan nuansa lebih alami, anda bisa mendirikan tenda di sekitar Pantai Sawarna dengan segala perlengkapan yang telah dipersiapkan dari rumah.

Selain itu, jika anda berlibur ke Pantai Sawarna bersama keuarga dan anak-anak serta ingin menginap di lokasi yang sangat nyaman, kami menyarankan anda untuk memilih penginapan Sawarna Beach karena penawaran harga yang sangat ekonomis dan desain bangunan yang sangat nyaman.

Harga Tiket Menuju Pantai Sawarna Banten

Anda tertarik untuk berlibur ke Banten dan menuju ke Pantai Sawarna? Siapkan uang sebesar Rp 5.000,00 saja per orang untuk membeli tiket masuk menuju pantai nan indah ini. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau dan anda sudah dapat menikmati keindahan pantai surga dunia tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu dan anda akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir kendaraan pribadi.

Demikian informasi tentang dua pantai yang indah dan populer di Banten, yaitu Carita dan Sawarna. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi anda ketika merencakanan tujuan berlibur bersama anak-anak dan keluarga.

Artikel Terkait

Pantai Carita Dan Sawarna, Dua Pantai Indah Dan Populer Di Banten
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email