Senin, 13 November 2017

Pantai Anyer dan Tanjung Lesung: Dua Tempat Wisata Paling Terkenal Di Banten

Banten merupakan Provinsi yang letaknya berdekatan dengan ibukota Jakarta. Banten memiliki banyak tempat wisata yang keindahanya tidak kalah dengan tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Indonesia, dua diantaranya yang populer dan terkenal adalah Pantai Anyer dan Tanjung Lesung. Dan saya akan megulas kedua tempat wisata yang paling terkenal di Banten tersebut.


Tempat Wisata Pertama Yang Terkenal di Banten Adalah Pantai Anyer



Pantai Anyer merupakan wisata pantai di ujung kulon Pulau Jawa yang selalu ramai didatangi pengunjung, baik wisatawan asing maupun lokal. Pantai yang memiliki pesona indah dengan berbagai aktivitas watersport yang seru ini, menjadikannya sebagai pantai favorit dan primadona di kawasan Anyer Banten.

Apakah pembaca Ingin lebih dekat mengenal pesona wisata Pantai Anyer ini? Kalau gitu, yuk langsung simak aja ulasan di bawah ini.

Lokasi Objek Wisata Pantai Anyer

Objek wisata watersport ini berlokasi di Kecamatan Anyer, Serang-Banten. Jadi wisata ini mendapatkan sebuah nama yang sesuai dengan lokasinya. Jika berangkat dari Jakarta, maka anda harus menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam.

Pantai Anyer sebenarnya bukan hanya satu macam pantai saja. Melainkan semua pantai yang berada di wilayah Anyer juga dinamakan Pantai Anyer walaupun masing-masing objek wisata tersebut juga mempunyai nama asli.

Ketika sudah memasuki kawasan pantai ini, anda dapat mencium aroma pantai yang indah di sebelah kanan jalan apabila anda berangkat dari arah Jakarta. Pemandangan pantai sepanjang jalan tersebut akan anda nikmati mulai memasuki area Anyer hingga mencapai Carita.

Menikmati aktivitas di Pantai Anyer

Objek wisata yang memiliki area cukup panjang dengan ombak di tepi pantai yang cukup tenang sangat cocok bagi anda dan keluarga untuk melakukan aktivitas berenang. Selain itu, airnya yang jernih juga mendukung anda untuk melakukan snorkeling sepuasnya.

Melakukan aktivitas-aktivitas menyenangkan tersebut tidak hanya dapat anda lakukan di Bali. Karena di wilayah ujung kulon Pulau Jawa juga memiliki pesona pantai yang juga tak kalah menarik dengan yang ada di Pulau Dewata.

Jika anda berlibur ke Pantai Anyer bersama anak-anak, maka anda bisa mengajak mereka bermain pasir di sekitar lokasi pantai. Wisata Pantai Anyer juga sering digunakan untuk melakukan surfing bagi pengunjung yang menyukai hobi olahraga air ini.

Tidak hanya itu, Pantai Anyer juga memberikan fasilitas watersport yang mirip dengan wisata Tanjung Benoa Bali. Mulai dari banana boat, jetsky, dan masih banyak permainan seru lainnya yang tak kalah menarik.

Jika anda datang ke Pantai Anyer pada saat malam tahun baru, maka hal ini akan menjadi liburan yang lebih menyenangkan. anda bisa datang saat senja sehingga anda bersama keluarga atau teman dapat sekaligus menikmati pemandangan matahari terbenam.

Lalu, sembari menunggu datangnya malam tahun baru, anda juga dapat mendirikan tenda untuk camping sambil menghangatkan diri di sekitar api unggun. Jika perut mulai terasa lapar, menikmati keindahan pantai sambil membakar jagung dan ikan tentu akan lebih terasa menyenangkan.

Di sekitar pantai juga terdapat banyak pedagang yang menjajakan es kelapa muda, sehingga akan lebih terasa suasana khas berlibur di kawasan Pantai Anyer.

Kelebihan Wisata Pantai Anyer

Banten memang salah satu wilayah yang memiliki pesona keindahan pantai yang cukup banyak. Dan hingga saat ini, wisata Pantai Anyerlah yang tetap menduduki posisi pertama dan dianggap sebagai primadona objek wisata di Serang, Banten.

Salah satu alasannya karena lokasi Pantai Anyer yang sangat mudah dijangkau yaitu di tepi jalan tanpa melewati jalanan yang rusak seperti pantai-pantai alami yang ada di Indonesia. Dengan lokasi yang mudah dijangkau, maka para wisatawan dari ibukota banyak yang berbondong-bondong untuk berlibur di Pantai Anyer.

Selain, lokasinya yang dekat dan strategis, wisata Anyer juga menyajikan berbagai permainan air yang seru bagaikan sedang berlibur di Pulau Dewata Bali. Pantai Anyer merupakan gabungan dari beberapa pantai yang letaknya di Anyer.

Jadi, dalam satu kali kunjungan, anda dapat sekaligus menikmati pantai-pantai yang indah dengan lokasi yang berdekatan, yaitu Pantai Jambu, Pantai Marina, Pantai Cibeureum Anyer, Pantai Sambolo Anyer, dan Pantai Marbela.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan Pantai Anyer yang sangat menakjubkan dengan berbagai aktivitas air yang sangat seru dan bagaikan di Bali, anda hanya dikenakan biaya sebagai berikut :

Rp 5.000,0 per orang dewasa

Rp 15.000,00 per motor

Rp 50.000,00 per mobil pribadi

Rp 250.000,00 per bus kecil

Rp 500.000,00 per bus besar

Penginapan yang ada di Pantai Anyer

Pantai Anyer merupakan tempat berlibur di Banten yang selalu ramai didatangi pengunjung. Oleh sebab itu, para pecinta usaha banyak yang mendidirkan penginapan-penginapan  mulai dari harga terjangkau hingga kelas eksklusif.

Anda tidak perlu menjangkau wilayah yang jauh, karena di sekitar Pantai Anyer atau tepatnya berseberangan dengan pantai, anda akan menemukan banyak penginapan yang bisa pilih sesuai dengan selera.

Itulah spot indah di kawasan Pantai Anyer yang dapat saya informasikan.


Tempat Wisata Kedua Yang Terkenal di Banten Adalah Tanjung Lesung




Tanjung Lesung memiliki luas sekitar 1500 hektar dengan kondisi pantai yang menjorok ke arah laut. Hamparan pantai berpasir putih ini sangat cocok anda kunjungi untuk berlibur bersama keluarga. Waktu tempuh yang anda butuhkan menuju lokasi Tanjung Lesung jika berangkat dari Jakarta adalah sekitar 3 jam dengan jarak sekitar 160 km.

Sejarah Wisata Tanjung Lesung

Berdasarkan cerita yang kami dengar dari masyarakt sekitar, kabarnya dahulu kala ada seorang gadis yang pandai bermain lesung, bernama Sri Poh Haci dan menjadi seorang pemimpin dalam sebuah kelompok wanita di daerah tempat tinggalnya.

Tak lama kemudian ada seorang pemuda bernama Raden Budog, yang sedang menegembara dan tiba di lokasi tempat tinggal Sri Poh Haci. Kemudian pemuda tersebut sangat terpukau dengan kemahiran Sri Poh Haci ketika memainkan lesung. Dan mereka merasa saling jatuh hati.

Setelah menikah, Raden Budog menjadi lebih gemar bermain lesung bersama istrinya hingga tak mengenal waktu.

Dia melanggar peraturan dengan melakukan permainan tersebut pada waktu yang dilarang yaitu hari Jumat yang dianggap sebagai hari keramat atau larangan untuk memainkan permainan lesung.

Akibat perbuatannya, Raden Budong berubah menjadi lutung. Malu melihat kutukan hukuman tersebut, Sri Poh Haci akhirnya memutuskan pergi dari kampung halamannya. Lokasi tempat tinggalnya yang berada di sebuah tanjung menjadi alasan munculnya sebuah nama Tanjung Lesung.

Rute Menuju Lokasi Tanjung Lesung
 

Tempat wisata yang berlokasi di Pandeglang Banten ini dapat anda tempuh melalui beberapa jalur. Jika berangkat dari Jakarta, anda dapat melalui Tol Jakarta-Merak dan keluar di Gerbang Tol Cilegon. Kemudian anda akan melanjutkan perjalanan melalui pesisir Pantai Anyer hingga Carita. Dan tak lama kemudian Anda akan tiba di Tanjung Lesung.

Selain itu, anda juga dapat menggunakan rute kedua, yaitu tetap melalui Tol Jakarta-Merak. Tetapi, anda pilih jalan keluar di Tol Serang Timur. Kemudian perjalanan akan dilanjutkan dengan melewati Serang. Lalu masuk ke Pandeglang dan menuju arah Labuan, Tanjung Lesung.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan di Wisata Tanjung Lesung

Memutuskan untuk berlibur ke pantai dengan bersantai bersama teman ataupun keluarga merupakan pilihan yang tepat bagi anda, terutama untuk menghilangkan segala kepenatan yang berhubungan dengan aktivitas yang dijalani selama bekerja.

Salah satu keseruan yang anda nikmati ketika berlibur di Tanjung Lesung adalah menikmati pertunjukan pentas berupa atraksi tarian api serta debus. Menikmati pertunjukan khas Banten dengan berlatarkan suasana pantai merupakan keindahan yang jarang anda dapatkan di lokasi objek wisata lainnya.

Selanjutnya anda juga dapat bersantai bersama keluarga di sekitar pantai sambil menikmati desiran ombak pantai dengan latar belakang Gunung Krakatau yang sangat indah dan hanya di Tanjung Lesung yang menghadirkan keindahan tersebut.

Selain itu, anda dapat menghabiskan waktu untuk berenang bersama anak-anak, memancing di sekitar pesisir pantai, serta melakukan aktivitas watersport yang yangat seru. Beberapa fasilitas watersport yang disediakan di Tanjung Lesung adalah banana boat, jetsky, menaiki perahu kano, dan masih banyak beberapa permainan lainnya.

Yang tak kalah menarik dan wajib anda coba adalah snorkeling di perairan Tanjung Lesung yang sangat jernih untuk melihat kekayaan terumbu karang di kawasan objek wisata yang terletak di Banten ini.

Tanjung Lesung dikelilingi oleh banyak pepohonan yang membuat suasana pantai terasa lebih sejuk dan rindang. Lokasi yang mendukung ini, menjadikan Tanjung Lesung juga banyak dimanfaatkan untuk melakukaan aktivitas jogging pada waktu pagi atau sore hari.

Ketika menjelang senja, jangan sampai anda melewatkan kesempatan emas untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam di Tanjung Lesung. Sebab, hal ini menawarkan keindahan pantai dengan background Gunung Krakatau. Ditambah dengan efek sinar matahari yang mulai tenggelam akan terlihat sangat memukau.

Tidak hanya itu, untuk menikmati pemandangan sore hari, anda juga dapat menaiki Sunrise Boat yang akan mengajak anda melihat pesona matahari terbenam dari atas perahu. Pengunjung juga akan diajak menyusuri perkampungan nelayan yang terlihat sangat asri.

Harga Tiket Masuk Menuju Tanjung Lesung

Wisata pantai yang menyediakan berbagai aktivitas watersport ini dapat anda nikmati sepuasnya hanya dengan membayar biaya sebagai berikut :

Rp 20.000,00 per orang

Rp 10.000,00 untuk parkir motor

Rp 20.000,00 untuk parkir mobil

Jika dibandingkan dengan beberapa objek wisata di Banten lainnya, biaya tiket masuk ke Tanjung Lesung memang lebih mahal. Namun, anda tidak akan menyesal jika sudah menginjakkan kaki di lokasi wisata bahari tersebut.

Penginapan di Tempat Wisata Tanjung Lesung

Bila masih belum puas berlibur di Tanjung Lesung selama seharian? Kami sarankan bagi anda untuk bermalam di penginapan yang tersedia di sekitar kawasan pantai dengan lokasi yang sangat strategis.

Anda dapat memilih penginapan sesuai selera dengan biaya per malam mulai ratusan ribu rupiah. Tentu harga yang ditawarkan sangat berbanding lurus dengan kualitas pelayanan dan tempat yang diberikan.

Demikian ulasan yang dapat saya berikan tentang Pantai Anyer dan Tanjung Lesung yang merupakan dua tempat wisata paling terkenal dan populer di Banten. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Pantai Anyer dan Tanjung Lesung: Dua Tempat Wisata Paling Terkenal Di Banten
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email